Yayasan Mentari Hati Tasikmalaya, merupakan salah satu panti rehabilitasi sosial yang selama ini menampung dan mengobati “Orang Dengan Gangguan Jiwa" dari jalanan dengan cara tradisional.

Yayasan ini didirikan berdasarkan kesadaran Dadang Heryadi selaku pendiri “Yayasan Mentari Hati Tasikmalaya" yang prihatin dengan tidak adanya penanganan serius bagi “Orang Dengan Gangguan Jiwa" dari jalanan oleh pemerintah setempat.

Selama setahun kami membutuhkan beras sebanyak tiga ton untuk memberi makan ratusan “Orang Dengan Gangguan Jiwa" dari jalanan yang di obati oleh kami.

Selama ini, biaya untuk keperluan itu hanya mengandalkan dari para donatur dan tidak ada anggaran khusus yang diberikan Pemerintah Kota Tasikmalaya bagi yayasan yang kami kelola.

Selama ini pula kami hanya mengandalkan pendanaan dari para donatur. Mereka adalah para pengusaha dan perusahaan yang ada di Kota Tasikmalaya. Jumlahnya pun minim dan seadanya,".

Selama ini juga “Orang Dengan Gangguan Jiwa" dari jalanan yang ditemukan oleh petugas pemerintah langsung diserahkan ke yayasan ini. Namun, tak sepeser pun anggaran yang diberikan untuk mengobati pasien tersebut dari pemerintah. Kendati demikian, kami dan rekan-rekan yang lainnya terus berupaya untuk bisa menghidupi dan mengobati pasien dengan anggaran seadanya. “kadang kita juga patungan kalau sudah kekurangan biaya“.

Keprihatinan dan kesadaran kami untuk membantu mereka yang mengalami gangguan jiwa,". Selama ini, Kami bukan hanya menampung “Orang Dengan Gangguan Jiwa" dari jalanan asal Tasikmalaya saja, tetapi juga dari beberapa daerah lainnya. Seperti dari Kota Bandung, Garut, Sukabumi dan beberapa daerah Jawa Tengah.

Dengan tempat seadanya, yakni kios-kios bekas EX Terminal Cilembang, Kota Tasikmalaya, kami dan rekan – rekan lainnya tetap berupaya untuk mengobati para pasiennya tersebut.

“Daripada mereka berkeliaran di jalan-jalan kota. Kami berupaya untuk menampungnya dan mengobatinya,".

Leave a Reply